BOLMUTDAERAHSULUT
Trending

Kemendagri RI Rakor Bersama Pemda Bolmut Tekan Angka Inflasi Daerah

TIMENUSANTARA, BOLMUT – Kementerian Dalam Negeri bersama dengan sejumlah Kementerian Lembaga pemerintah pusat lainya menggelar Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah, Senin (13/11/2023) diruang rapat bupati bolmut

Rakor tersebut membahas mengenai evaluasi dan pencegahan perkembangan inflasi di daerah, yang diikuti Gubernur, Bupati/Walikota beserta Tim Pengendalian Inflasi Daerah secara langsung maupun virtual/Zoom Meeting.

Sementara Pemerintah Kabupaten Bolmut mengikuti kegiatan tersebut melalui Virtual/Zoom Meeting, dipimpin langsung oleh Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemda Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Abdul Nazarudin Maloho

Pada kesempatan itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyampaikan, Rakor ini bertujuan untuk membahas langkah kongkret pengendalian inflasi di daerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI.

Beberapa arahan yang harus dilakukan oleh Pemerintah Daerah dalam rangka mengendalikan inflasi, salah satunya adalah berkolaborasi.

“Kolaborasi ini dilakukan dengan membuat sistem penggunaan energi yang tepat sasaran serta mencukupi ketersediaan bahan pangan di daerah,”arahnya.

Lebih lanjut Mendagri memaparkan, solusi dalam penanganan inflasi dibutuhkan dukungan dan langkah-langkah strategis dari seluruh instansi pusat hingga daerah.

“Pemerintah daerah diminta untuk mengoptimalkan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk memonitor harga bahan pokok di pasar-pasar tiap hari,” ungkapnya.

Iya juga menerangkan sejalan dengan inflasi bahan pangan yang cenderung memberikan andil inflasi/deflasi, serta sesuai dengan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan, maka komoditas pangan terpilih yang akan dijadikan patokan kinerja pengendalian inflasi TPIP dan TPID.

1 2Laman berikutnya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!