BOLMUTDAERAH
Trending

Pemda Bolmut Ikuti Rakor Nasional Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023 Secara Virtual

Timenusantara, Bolmut – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bolaang Mongindow Utara (Bolmut) senin (8/5/2023) diruagan rapat bupati mengikuti langsung rapat kordinasi (Rakor) nasional dalam rangka pengendalian inflasi di Daerah sebagai tindak lanjut arahan presiden RI secara virtual. Rapat koordinasi Nasional ini di Pimpin Langsung Oleh Kemendagri RI dan diikuti langsung oleh Wakapolres Bolmut, Staf Ahli Bupati Bolmut, serta Pimpinan OPD Terkait.

Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hi. Abdul Nazarudin Maloho S.Pd, M.Si, saat dikonfirmasi Timenusantara.com megatakan, Adapun Tujuan Rapat Koordinasi ini untuk membahas langkah konkret pengendalian Inflasi di Daerah sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden RI.

Menurutnya, Presiden Joko Widodo dalam arahannya menyampaikan empat kunci yang harus dilakukan dalam pengendalian inflasi di Indonesia, baik di tingkat pusat maupun daerah. Pertama, penyediaan anggaran pengendalian harga oleh seluruh Pemda, agar dapat melakukan intervensi apabila diperlukan.

Kedua, agar unsur-unsur di daerah, seperti Pemda, Kepolisian, Kejaksaan, dan BI di daerah, secara rutin melakukan pemeriksaan pasokan bahan pokok di gudang penyimpanan.

Ketiga, memastikan transportasi di daerah maupun antar daerah selalu lancar, dan terakhir menjaga distribusi barang.

Secara khusus.

Presiden RI juga menekankan pentingnya pengendalian inflasi sebagai salah satu dari dua tumpuan perekonomian, di samping pertumbuhan ekonomi. Pemerintah, BI dan lembaga lainnya, khususnya di tingkat daerah, diharapkan untuk melaksanakan tugas secara mendetil di setiap sektor, agar inflasi dapat terjaga. Hal ini menurutnya sangat penting agar Indonesia dapat bertahan di tengah masalah ekonomi dan geopolitik global yang cukup berat.

Presiden RI juga menekankan kembali pentingnya menjaga keseimbangan inflasi dan pertumbuhan ekonomi, dan mendorong Pemda untuk mengeluarkan anggaran APBD seawal mungkin setiap tahunnya

“itu yang menjadi pokok rapat kami secara virtual bersama degan kementrian terkait, muda-mudahan dampak inflasi tahun ini tidak akan berdampak pada penigkatan kesejahtraan bagi masyarakat Bolmut pada umumnya,”harap maloho.

 

Peliput : Fadlan Ibunu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!