BOLTIMDAERAH
Trending

Bupati SSM Buka Seminar Budaya Wilayah Timur Totabuan

TIMENUSANTARA, Boltim – Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, membuka Seminar Deskripsi Perjalanan Bogani Inde Dou dan Tadohe ke Wilayah Timur Totabuan, Kamis (7/7/2022) di Lantai 3 Kantor Bupati.

Seminar budaya tersebut menghadirkan narasumber dari Bolaang Mongondow Raya, yakni Chairun Mokoginta dan Umaruddin Mokodongan.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto mengatakan acara ini digelar tentu ada maksud dan tujuan.

“Karena sekarang ini, semakin lama, budaya dan adat istiadat kita semakin terkikis akibat dari globalisasi dan teknologi.

Untuk itu, ketika tidak ada yang memulai, maka marilah sama-sama untuk memulainya. Budaya harus kita angkat karena ini sebuah jati diri kita,” ujar bupati.

Lanjut bupati, tujuan melaksanakan kegiatan ini tak lain adalah untuk bisa mengangkat harkat dan martabat sebuah bangsa, juga sebagai upaya mempererat dan mempersatukan semua warga.

“Dan bukan hanya di Bolaang Mongondow Timur tapi juga warga Bolaang Mongondow Raya,” ujar Sam Sachrul Mamonto.

Dia juga mencontohkan daerah lain yang sangat dikenal oleh dunia karena adat dan budayanya, yakni seperti Provinsi Bali. Sebab Provinsi Bali, bukan hanya menjual wisatanya, tapi juga menjual budaya.

“Karena mereka sangat menghargai sejarah dan budayanya. Makanya banyak turis mancanegara suka datang ke daerah itu, karena budayanya,” ujar Sam Sachrul Mamonto

Pada acara seminar tersebut, usai penyampaian dari bupati, juga dilanjutkan penyampaian dari dua narasumber. Selanjutnya diisi dengan diskusi tanya jawab dari para tokoh masyarakat, adat, dan pemuda.

Turut hadir dalam acara seminar budaya tersebut yakni, asisten tiga, Rusmin Mokoagow, Para Camat, Para Kepala SKPD, Para Sangadi, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Pemuda dan Lembaga Adat se Bolaang Mongondow Timur.

Diketahui kegiatan seminar budaya ini, turut disponsori atau digagas oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), dan Karang Taruna Bolaang Mongondow Timur

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!