BOLSELDAERAHSULUT
Trending

Tanmpa Kartu, Warga Bolsel Bisa Berobat Pakai BPJS

Timenusantara, Bolsel – Bagi masyarakat di Kabupaten Bolsel yang sudah menjadi peserta BPJS, tapi belum mengantongi kartunya maka tidak perlu khawatir, karena akan tetap mendapatkan hak pelayanan kesehatan.

Namun perlu diketahui, peserta BPJS yang belum mengantongi kartu ini bisa memperoleh pelayanan kesehatan maka perlu menyiapkan dua dokumen penting berikut.

Kedua dokumen penting itu ialah, Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK). Dimana setiap pasien peserta BPJS yang belum ada kartunya dapat melampirkan dua dokumen itu ketika datang berobat di semua fasiliras kesehatan yang ada di daerah.

Hal itu pun sebagaimana di ungkapkan Kepala Perwakilan BPJS Tondano di Kabupaten Bolsel, Bambang Suwanto saat mengikuti Hearing yang dilaksamakan Komisi III DPRD Bolsel, Kamis (03/08/2023) kemarin.

“Pelayanan BPJS bisa diberikan kepada para peserta yang belum memiliki Kartu, cukup dengan melampirkan KTP dan KK saja,” ungkap Bambang menjawab pertanyaan dari Komisi III DPRD.

Bambang mengatakan lagi, pelayanan bagi peserta BPJS pun meliputi para pasien yang jika saat di RSUD tidak tersedia obat-obatan yang dibutuhkan, dan pasiennya harus membeli di luar, maka pihak RSUD harus mengembalikan uang dari pasien tersebut.

“Misalnya pasien butuh obat tapi di RSUD stoknya habis, otomatis pasien harus beli di luar. Nah pihak RSUD harus mengembalikan uang pembelian obat tersebut. Nantinya itu bisa diklaim BPJS oleh pihak RSUD,” kata Bambang.

Pun demikian, lanjut Bambang mengatakan tidak semua penyakit dan obat-obatan masuk dalam tanggungan BPJS.

“Jadi ada beberapa penyakit dan obat-obatan yang memang tidak masuk tanggungan BPJS. Selama penyakit dan obat-obatan masuk tanggungan BPJS maka bisa diklaim,” terangnya.

Dari informasi itu tentunya bisa membuat legah masyarakat, khususnya yang sudah menjadi peserta BPJS tapi belum mengantongi kartunya.

Sehingga, hak-hak masyarakat khususnya masyarakat kecil yang sudah diakomodir Pemerintah Kabupaten Bolsel lewat program BERKAH, meliputi jaminan kesehatan dapat terealisasikan dengan baik.

 

Fadlan Ibunu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!