DAERAHNASIONAL
Trending

Kabar Gembira Kepada Desa, Tahun 2024 Kades dan BPD akan Kembali Diberikan Kenderaan Sepeda Motor

PEKANBARU, Timenusantara.com – Kabar gembira kembali hadir bagi para Kepada Desa, dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) khsuusnya di Kabupaten Kampar pada tahun 2024.
Dimana pada tahun depan, direncanakan para Kepala Desa dan BPD akan diberikan satu unit kenderaan operasional Sepeda Motor dari Pemerintah Pusat.
Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekdaprov Riau SF Hariyanto saat menerima Audiensi Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Kampar, Rabu (27/12/2023) kemarin.
Pertemuan yang dilaksanakan di ruang kerja Sekdaprov Riau Kantor Gubernur Riau tersebut, dihadiri langsung Ketua APDESI Kampar H Haris CH didampingi beberapa pengurus lainnya
“Pada tahun depan, insyaallah para kepada desa dan BPD akan menerima bantuan dua kendraan dinas dari pemerintah pusat untuk operasional 2024,” Sekdaprov Riau SF Hariyanto.
Lebih lanjut, SF Haryanto menjelaskan bahwa sepeda motor ini merupakan Bantuan Khusus Keuangan (BKK) desa tahun 2024 yang dialokasikan untuk 10 Kabupaten Kota ada sebesar 1.5 Triliun rupiah.
Dalam aggaran itu, di dalamnya terdapat biaya operasional untuk masing-masing desa sebesar 28 juta. Dengan bantuan ini, Haryanto berharap nantinya bisa menambah kelancaran kegiatan dalam bekerja.
Sementara itu Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Riau, Djoko Edy Imhar mengatakan, sepeda motor ini diberikan kepada kepala desa karena kondisi geografis wilayah tersebut yang memprihatinkan.
“Walau diberikan kepada BPD, aset ini tetap milik Pemerintah desa. Untuk itu, kebijakan Pemprov memberikan aset ini hanya dipinjam pakai oleh BPD, tapi asetnya tetap atas pemerintah desa,”terangnya”
Hal senada juga disampaikan Ketua APDESI Kabupaten Kampar M Haris CH, insyaallah pada Januri 2024, kami para kepala desa dan BPD sudah bisa membeli kendraan ini melalui dana Bantuan Keuangan Khusus.
Mengenai jenis kendaraan bermotornya akan diserahkan kepada masing-masing desa. Hanya saja telah ditetapkan besaran anggaran untuk 2 unit motor tersebut sebesar 45 juta.
Mendapatkan apresiasi seperti itu, Haris mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Haris menyebut sejak 2012 atau sejak menjabat kades 2 periode baru kali ini kepala desa diberikan kendaraan bermotor oleh pemerintah.
“Terima kasih atas bantuan sepeda motor untuk Kades dan BPD. Karena bukan itubsaja, biaya operasional yang diminta 12 juta saja, malah diberikan 28 juta. Mudah-mudahan, APDESI dan Pemda, Pemprov Riau selalu bisa mendukung Pemerintah pusat.”ujar Haris”.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!