DAERAHSULUT
Trending

Gubernur Sulut Serahkan Rancagan RPPLH Ke DPRD, Siap di Bahas

Timenusantara, Sulut – Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyiapkan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Tahun 2021-2051.

Ranperda RPPLH ini sudah diajukan ke DPRD Sulut, dan siap dibahas tahun 2023.

Gubernur Olly Dondowkambey mengatakan, RPPLH dimaksudkan menjadi instrumen hukum dalam bidang perencanaan dan pengelolaan lingkungan hidup, sebagaimana telah diatur dalam Pasal 9, 10, dan 11 Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup.

“RPPLH diarahkan menjadi instrumen perencanaan untuk menyelaraskan kebijakan lingkungan, baik yang dibuat oleh lembaga yang secara Khusus diberi tugas mengelola lingkungan, maupun lembaga lain yang tugasnya juga terkait dengan persoalan lingkungan hidup,” kata Gubernur Selasa (28/11/2022).

Selain Itu, dalam Ranperda tentang RPPLH Tahun 2021-2051, Gubernur mengatakan, juga mengatur mengenal keserasian, keselarasan dan keseimbangan lingkungan hidup untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang berbasis lingkungan.

Adapun 5 manfaat jika Ranperda ini disahkan nanti. Pertama, memberikan pedoman dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup Kedua, pengendalian pemanfaatan sumber daya alam secara bijaksana

Ketiga, kelangsungan kehidupan makhluk hidup dan kelestarian ekosistem Keempat, mewujudkan pembangunan yang asri dan lestari Kelima, keseimbangan dan keserasian antar sektor.

Tujuan dari Ranperda tentang RPPLH ditutup dengan keserasian. Selayaknya kita semua memaknai keserasian ini dalam arti luas,” kata Gubernur

Ia menyampaikan, keserasian di maksud untuk melanjutkan pembangunan di daerah ini. Menjadikan keserasian untuk mengakselerasi program-program prioritas, setiap upaya, kebijakan dan langkah tindak, yang kesemuanya bermuara pada satu tujuan.

“Mari terus berada dalam satu lajur, sama-sama kita bangkit, Sama-sama kita bangun Sulawesi Utara, sama-sama kita wujudkan visi, sama-sama kita buat kemajuan dan kita tingkatkan kesejahteraan seluruh masyarakat,”tamba Gubernur

 

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!