DAERAHNASIONAL
Trending

Di Hadapan Presiden Jokowi, Ketum GP Ansor: Ketua KPU RI Ini Banser Pak, Aman Dunia Akhirat

JAKARTA, timeNUSANTARA Ketua Umum (Ketum) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas yang juga sekarang ini menjabat sebagai menteri Agama RI, menyebut Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hasyim Asy’ari adalah keluarga Barisan Serba Guna Nahdlatul Ulama atau Banser. Pernyataan Yaqut tersebut merujuk rekam jejak Hasyim yang disebutnya pernah menjadi komandan Banser Jawa Tengah.

Hal ini disampaikan Yaqut di hadapan Presiden Joko Widodo ketika menyapa hadirin dalam pembukaan Kongres XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat (2/2/2024).

“Ada ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy’ari. Bapak Presiden, Hasyim Asy’ari ini mantan komandan Banser Jawa Tengah. Jadi keluarga besar Ansor Banser. Jadi enggak heran Bapak, jadi bersama Ansor Banser tentu aman dunia dan akhirat insya Allah,” kata Yaqut.

Sebagai informasi, Banser adalah barisan pemuda semi-otonom dari GP Ansor. Banser dikenal dengan penggunaan pakaian hingga atribut yang menyerupai pasukan militer. Selain menyapa Hasyim, Yaqut juga menyapa sejumlah pejabat lain. Antara lain Jokowi dan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf.

Yaqut kemudian menyapa Menteri Perdagangan yang juga Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan dan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Yaqut juga menyapa Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Abdullah Azwar Anas.

“Saudara kita, Pak Azwar Anas, silakan berdiri. Mantan Ketua Umum Hipmi, insya Allah akan bersama-sama kita terus. Silakan dimaknai sendiri,” kata dia.

Selanjutnya, Yaqut menyapa Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono.

Tak lama kemudian, Yaqut menyapa Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto.

“Yang kita hormati, kita banggakan, dua garda terdepan bangsa, Pak Kapolri. Kemarin di acara harlah (harlah PBNU) itu disebut Pak Listyo Sigit Prabowo, izinkan saya menyebut sekarang Pak Kapolri Pak LS Prabowo,” kata Yaqut yang langsung disambut tepuk tangan meriah para undangan bersama kader GP Ansor.

“Panglima TNI yang kita muliakan, yang gagah luar biasa, Pak Agus Subiyanto. Di muktamar disebut begitu, izin Pak, kalau di sini akan kami panggil Pak A Subiyanto,” kata dia.
“Paham semua kayaknya,” ucap Yaqut. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!