BOLMONGBOLMUTBOLSELBOLTIMDAERAHKOTAMOBAGU
Trending

Menjejaki Pemimpin Ideal Di 4 Kabupaten Kota, Menatap Pilkada 2024

ARTIKEL, Oleh : Sicilya C Mokoginta,SE.MM [Ketua PC Wanita Syarikat Islam kabupaten Bolmong/Akademisi]

TimeNUSANTARA – Menjejaki pemimpin ideal dalam pemilihan kepala daerah tahun 2024 membutuhkan pandangan yang cermat dan berimbang. Pemimpin yang ideal haruslah memiliki beberapa kualitas kunci yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan menghadapi tantangan zaman saat ini.

Menghadapi pemilihan kepala daerah yang tinggal beberapa bulan lagi, kita semua sebagai wajib pilih harus bisa memastikan calon pemimpin yang bisa membawa gerak Pembangunan dan pertumbuhan daerah kearah yang lebih baik.Hiruk pikuk dan euforia sudah menghiasi jagat maya. Rasanya eriuhan demokrasi, politik dan pemilu sudah cukup membebani hati, menguras akal yang beberapa bulan terakhir ini di habiskan dengan pemilihan Legislatif, DPD dan Presiden,sementara di sisi lain gaya pemimpin dan pejabat kita hanya memikirkan pergantian dan siklus kepemimpinan mereka selanjutnya.

Calon pemimpin kepala daerah mulai berlomba-lomba merebut citra public untuk mendongkrak popularitas dan elektabilitas.Pemimpin yang ideal harus mampu memberikan keyakinan perubahan yang fundamental, kewenangan strategis dalam menjawab dan mengakselerasi kepentingan masyarakat karena sejatinya politik adalah panggilan nurani untuk mengabdi pada masyarakat.

Sudah saatnya kita sebagai generasi muda harus lebih berani, lebih vocal dalam mengontrol kinerja pemerintah, Tidak bisa hanya mengandalkan legislative. Masyarakat jangan hanya dijadikan objek politik setelah kekuasaan sudah mereka dapatkan.Masyarakat dilupakan dan tidak lagi menjadi orientasi utama.Beberapa kualitas yang perlu dipertimbangkan dan harus dimiliki oleh seorang pemimpin yaitu;

•Integritas :

Pemimpin haruslah jujur, transparan, dan bertanggung jawab. Integritas adalah landasan yang kuat untuk membangun kepercayaan masyarakat.

•Visi dan Kepemimpinan :

Memiliki visi yang jelas untuk kemajuan daerah serta kemampuan untuk menggerakkan orang lain menuju visi tersebut adalah hal penting. Pemimpin harus mampu memimpin dengan memperhatikan kepentingan semua pihak.

•Kepedulian Sosial :

Pemimpin harus peduli terhadap kebutuhan dan aspirasi masyarakat. Mereka harus dapat merangkul keragaman dan memastikan bahwa kebijakan dan program yang mereka laksanakan menguntungkan semua lapisan masyarakat.

•Kemampuan Manajerial :

Kemampuan untuk mengelola sumber daya dengan efisien dan efektif sangat penting. Pemimpin harus memiliki keahlian manajemen yang baik untuk mengelola anggaran dengan bijaksana dan memastikan pelayanan publik yang optimal.

•Kemampuan Beradaptasi :

Pemimpin harus bisa beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan situasi dan memimpin dengan bijaksana dalam menghadapi tantangan baru.

Pemimpin yang ideal harus terbuka terhadap ide-ide baru dan inovasi dalam rangka meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta pembangunan daerah.Selain itu memiliki Komitmen terhadap Pembangunan Berkelanjutan, baik dari segi ekonomi, sosial, maupun lingkungan. Memiliki Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, baik dalam mengartikulasikan visi dan kebijakan, maupun dalam mendengarkan dan merespons kebutuhan masyarakat, adalah hal yang krusial.

Pemilihan kepala daerah haruslah didasarkan pada pemahaman yang mendalam terhadap kualitas-kualitas ini, serta rekam jejak dan kinerja calon pemimpin. Memilih pemimpin yang tepat adalah langkah penting untuk memastikan kemajuan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan daerah secara keseluruhan.

Point penting dari semua kualitas pemimpin yang dijelaskan diatas yaitu memiliki karakter yang baik.,dengan karakter yang baik dia akan menjadi pemimpin yang di hormati, dengan karakter yang baik dia akan jadi pemimpin yang punya integritas, dengan karakter yang baik dia akan menjadi pemimpin yang bertanggung jawab dan memikirkan kepentingan bersama diatas kepentingan pribadi.

Ada yang bilang bahwa semua orang bisa jadi pemimpin,bagi saya tidak,tidak semua orang bisa menjadi pemimpin, membangun karakter itu tidak mudah , tidak semua punya karakter yang tepat untuk menjadi seorang pemimpin,jadi memilih pemimpin yang pertama itu karena karakternya dulu.Kita harus mengenali pemimpin yang dipilih. Diperlukan kecerdasan dalam memilih pemimpin serta diperlukan partisipasi Masyarakat untuk meningkatkan kualitas demokrasi yang baik.

Kita masih menunggu pasangan calon pemimpin kepala daerah di masing -masing kabupaten kota yang ada di Bolaang Mongondow Raya.

Semoga Pilkada yang tinggal beberapa bulan ini akan menghasilkan kepala daerah yang betul – betul berorientasi dan berdedikasi pada kepentingan masyarakat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!