DAERAHKOTAMOBAGUSOSIALSULUT
Trending

Bold Riders Kotamobagu Bangga Jadi Bagian Pemecahan Rekor MURI Donor Darah Massal

Timenusantara, Kotamobagu – Gabungan komunitas motor di Kota Kotamobagu Sulawesi Utara, Bold Riders Kotamobagu, mengkampanyekan gerakan kemanusiaan donor darah kepada masyarakat umum bertepatan pada momen Hari Pahlawan. Kegiatan yang merupakan bagian dari program ‘Bakti Pemuda Setetes Darah untuk Negeri 2022’ itu diinisiasi oleh Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (Kolaborasi KITA).

Aksi sosial ini digelar serentak di seluruh Indonesia Timur mulai 29 Oktober hingga 13 November 2022 lalu. Kegiatan kolaborasi komunitas dan Palang Merah Indonesia (PMI) ini melibatkan 750 komunitas di 82 kabupaten/kota di Indonesia Timur yang tersebar di 15 provinsi.

 

Program dengan tema ‘KITA adalah Pahlawan’ tersebut menghasilkan 3.085 kantong darah dari total pendaftar 5.894. Atas capaian ini Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) memberikan dua penghargaan sekaligus, yakni pertama penghargaan rekor donor darah terbesar yang dilakukan komunitas. Kemudian rekor kedua yakni donor arah di provinsi terbanyak, yakni donor darah secara paralel dalam kurun waktu dua minggu di 15 provinsi.

 

Donor darah massal di Kotamobagu sendiri telah terlaksana pada Sabtu (12/11/2022). Jumlah partisipan sebanyak 37 orang, namun hanya 28 orang yang memenuhi syarat medis untuk diambil darahnya. Sejumlah peserta gagal mendonorkan karena kadar hemoglobin yang rendah dan kondisi fisik yang kelelahan. Sebanyak 28 kantong darah yang terkumpul dikelola oleh PMI setempat untuk disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Rusli Effendi selaku penanggung jawab kegiatan menjelaskan, donor darah massal diselenggarakan di 2 titik. Titik pertama di Kantor PMI Bolmong Kota Kotamobagu dengan pelaksana kegiatan dari komunitas Yamaha NMAX Club Indonesia (YNCI) Kotamobagu Chapter (Bold Riders Kotamobagu). Peserta donor darah merupakan anggota Bold komunitas GENETIK Kotamobagu, YNCI Bolaang Mongondow Chapter, YNCI Bolaang Mongondow Timur Chapter, HSC Kotamobagu, dan NR-XR Kotamobagu, juga masyarakat umum.

 

Sementara titik kedua donor darah massal digelar di Dealer Wahana Kota Kotamobagu, dimana CBR Kotamobagu Community bertindak sebagai pelaksana. Donor darah massal di lokasi ini tidak hanya diikuti oleh masyarakat umum, tapi juga melibatkan anggota TNI dari Kodim 1303 Kotamobagu. Selain donor darah, komunitas juga mengajak masyarakat untuk melakukan vaksin Covid-19 untuk membantu capaian vaksinasi di Kotamobagu.

 

Sebelum donor darah, Bold Riders Kotamobagu mengunjungi taman makam pahlawan untuk melakukan tabur bunga sekaligus doa bersama. Aksi ini sebagai ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah berjuang pada masa meraih kemerdekaan. “Semangat kepahlawanan ini menjadi motivasi komunitas untuk terus melakukan gerakan-gerakan kemanusiaan yang bermanfaat untuk orang banyak,” ungkap Rusli.

 

Rusli menyebut tahun ini menjadi tahun ketiga Bold Riders Kotamobagu terlibat dalam kegiatan donor darah massal Kolaborasi KITA. Ia berharap pada tahun berikutnya komunitas bisa mempersiapkan lebih matang serta mampu mengajak lebih banyak lagi partisipan.

 

“Komunitas motor yang tergabung dalam Bold Riders Kotamobagu tidak hanya aktif melakukan kegiatan touring atau nobar, mereka juga kerap menginisiasi aksi sosial lainnya sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat sekitar, seperti bantuan penanggulangan bencana dan bakti sosial untuk masyarakat kurang mampu,” tandas Rusli. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!