BOLSELDAERAHNASIONALSULUT
Trending

Presiden Jokowi Intruksikan Relokasi 301 KK Dampak Gunung Ruang Ke Kabupaten Bolsel

JAKARTA, TimeNUSANTARA Presiden Joko Widodo (Jokowi) memutuskan untuk merelokasi sekitar 301 keluarga yang tinggal di sekitar Gunung Ruang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara.

Muhadjir Effendy, Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), mengungkapkan hal ini usai rapat terbatas di Istana Merdeka, Jakarta Pusat.

“Beliau menyetujui seluruh penduduk yang ada di pulau Ruang, yang berjumlah sekitar 301 KK, akan direlokasi ke Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan, dan lahannya akan disediakan oleh Gubernur,” kata Muhadjir pada Jumat (3/5/2024).

Muhadjir juga menyampaikan bahwa Jokowi memberikan instruksi khusus kepada Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar untuk menyiapkan lahannya. Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertanggung jawab atas penyediaan perumahan dan infrastruktur.

Basuki menjelaskan bahwa akan dibangun rumah instan sederhana sehat (RISHA) di Bolaang Mongondow Selatan, dengan 100 bahan baku RISHA dari Manado dan sisanya akan diperoleh dari Surabaya.

AHY menambahkan bahwa relokasi akan dilakukan di Desa Modisi, Kecamatan Pinolosian Timur, dengan alasan yang cocok dengan mata pencaharian mayoritas warga Sitaro, seperti nelayan dan petani kelapa. (*)

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!