BOLSELDAERAH
Trending

Pemdes Kopi Dorong Penigkatan Kapasitas Aparatur dan Kelembagaan Desa

TIMENUSANTARA, BOLMUT – Pemerintah Desa Kopi Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) terus mendorong Aparat dan pengurus kelembagaan desa meningkatkan kapasitasnya. Pengetahuan dan skil mumpuni diharapkan dapat menunjang pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya mewujudkan desa yang maju, mandiri, dan sejahtera.

Peningkatan kapasitas oleh pemdes kopi ini didorong melalui Pelatihan Kapasitas Perangkat Desa dan Kelembagaan Desa di aula kantor desa kopi pada selasa (28/11/2023) pekan lalu, Pelatihan dihadiri langsung oleh Inspektorat Daerah dinas PMD dan Pemerintah Kecamatan Bintauna.
Sangadi Desa Kopi Sulaeman muhammad kepada timenusantara.com pada (2/12/203) mengatakan, pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintah desa kopi merupakan hal yang sangat penting bagi penyelenggaraan pemerintahan. “Melalui pelatihan ini saya sebagai sangadi, perangkat desa, ketua BPD, dan ketua lembaga kemasyarakatan desa dapat mendambah ilmu dan kesempatan yang baik untuk memperoleh pengetahuan serta skil, yang akan menunjang dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya mewujudkan desa kopi yang maju, mandiri, dan sejahtera,” kata sangadi Sulaeman muhammad.

Ia berharap dengan adanya pelatihan peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan desa yang diselengarakan didesa kopi pekan lalu mampu mendorong perangkat desa, pengurus kelembagaan desa meningkat kualitas penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat, serta memiliki pemahaman manajemen leadership (kepemimpinan) dan entrepreneurship (kewirausahaan).
Selain itu, pasca pelatihan diharapkan dapat meningkatkan kualitas perencanaan dan pengelolaan serta mempercepat serapan APBDes, diakhir tahun 2023 ini termasuk dana desa, dengan prioritas kegiatan yang mendorong percepatan pembangunan desa, pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa.

“Kiranya penting bagi kami semua untuk berkomitmen dan mendorong penigkatan pembangunan desa kopi yang berkelanjutan, bukan saja dari segi pembangunan infrastruktur tapi juga dari segi pembangunan kualitas sumber daya di desa, karena pada dasarnnya dengan SDM yang unggul akan dapat mengelola keterbatasan SDA untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan roda perekonomian di desa kopi,”tutup sangadi Sulaeman muhammad.

Penulis/editor : Fadlan Ibunu

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!