NASIONALOLAHRAGAPOLITIK
Trending

DPD PDIP DKI Jakarta Tolak Timnas Israel di Gelaran Piala Dunia U-20 Yang Akan Berlangsung di Indonesia

Timenusantara, Jakarta –  Dewan Pimpinan Daerah PDIP Provinsi DKI Jakarta menolak kehadiran tim nasional Israel di gelaran Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia.
Pemerintah menetapkan enam provinsi sebagai arena pertandingan yaitu DKI Jakarta, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali.

Dalam pernyataan resmi, PDIP Jakarta menyinggung soal peran bebas aktif RI sebagai alasan penolakan itu. Salah satu wujudnya dengan meniadakan hubungan diplomatik dengan negara yang melakukan praktik kolonialisme, seperti Israel.

“Menolak keikutsertaan Timnas sepak bola Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20, yang diselenggarakan di Jakarta,” demikian pernyataan resmi PDIP Jakarta, Sabtu (25/3).

Organisasi itu juga mengimbau pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pihak lain yang terlibat.

“Semua pihak yang terlibat dan berkaitan dengan penyelenggaraan perhelatan Piala Dunia U-20, yang menekankan untuk menolak kehadiran Timnas Israel,” lanjut pernyataan itu.

PDIP Jakarta bukan satu-satunya yang menolak kehadiran Timnas Israel di Indonesia.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono juga menolak kehadiran Timnas asal negara Timur Tengah itu,

“Mengajak masyarakat Jawa Barat dan Indonesia untuk bersama-sama menyampaikan aspirasi kepada pemerintah Indonesia untuk menolak kehadiran Timnas bola U-20 Israel di Indonesia,” kata Ono dalam keterangan tertulis, Rabu.

Senada, PDIP Jatim menolak kehadiran Timnas Israel.

Plt Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah mengatakan penolakan itu berdasarkan komitmen solidaritas PDIP terhadap perjuangan bangsa Palestina melawan pendudukan Israel.

Keikutsertaan timnas Israel di Piala Dunia U-20 terus menjadi sorotan. Beberapa pihak mengecam dan merasa keberatan karena aksi pendudukan Israel di Palestina.

Sebagian lagi menganggap Indonesia tak mendukung Palestina karena mengizinkan Israel tampil di turnamen junior level dunia tersebut.

Beberapa organisasi masyarakat Islam telah menggelar aksi unjuk rasa menolak kehadiran Timnas Israel. Sejumlah kepala daerah seperti Gubernur Bali I Wayan Kostar dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyatakan penolakan.

Di kesempatan terpisah, Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al Shun padahal menegaskan kepesertaan suatu negara di U-20 tak ada kaitannya dengan konflik politik.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!