BOLMUTDAERAHSULUT
Trending

Dampak Erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Bolmut Dihujani Abu Vulkanik, Warga Diminta Pakai Masker

BOLMUT, TimeNUSANTARA Dampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Selasa 30 April 2024 dini hari tadi, sejumlah wilayah di Sulawesi Utara terdampak abu vulkanik. Selain Kota Manado, Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa Utara, Minahasa Selatan, kota Bitung dan Kabupaten Kepulauan Sitaro sendiri, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) juga merasakan dampak dari abu vulkanik tersebut.

Imbauan Pj Bupati Sirajudin Lasena kepada masyarakat

Sejak pagi hingga saat ini pukul 17.15 Wita suasana di kabupaten Bolmut masih diselimuti kabut . Selain itu, abu vulkanik juga merata di hampir seluruh wilayah di Kabupaten Bolmut.

Baca juga : Pj Bupati Sirajudin Lasena Serahkan SK PPPK Tahun 2023

“Untuk menjaga kesehatan dan stamina tetap fit, mari kita pakai masker lagi,” kata Pj Bupati kepda masyarakat dikutip dari akun media sosial Prokopimda Bolmut.

Untuk diketahui saat ini Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) kembali menaikkan status Gunung api Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Provinsi Sulawesi Utara menjadi level IV atau ‘Awas’ per hari ini, Selasa 30 April 2024 pukul 01.30 WITA siang tadi.

Peningkatan status tersebut dilakukan setelah gunung api berjenis stratovolcano itu kembali meletus dan mengeluarkan kolom erupsi mencapai 2.000 meter dari atas puncak yang disertai suara gemuruh dan gempa yang dirasakan secara terus menerus.

Di samping itu, peningkatan status Gunung api Ruang juga didasari oleh hasil evaluasi pengamatan secara instrumental yang mana jumlah kejadian gempa vulkanik dalam (VTA) dan dangkal (VTB) meningkat secara signifikan pada 29 April 2024 kemarin yang disertai visual hembusan asap kawah. Hingga saat ini hasil pengamatan masih menunjukkan terjadinya proses peretakan batuan disertai migrasi magma dari reservoir magma dalam ke permukaan.

 

Penulis : Fadlan Ibunu

 

 

 

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!