BOLMUTDAERAHSULUT
Trending

Bentuk Keperdulian, Pemda Bolmut Turut Salurkan Bantuan Korban Erupsi Gunung Ruang Sitaro

SULUT, TimeNUSANTARA Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) memberikan respon kepedulian terhadap musibah bencana erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Provinsi Sulawesi Utara, dengan mengalirkan bantuan kemanusiaan kepada korban yang terdampak.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),Rahmat Pontoh, SH, M.Si memimpin langsung penyerahan bantuan tersebut yang berlangsung pada jummat, 26 April 2024.

Pada kesempatan itu, beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) turut mendampingi dalam prosesi penyerahan bantuan diantaranya yaitu, Kepala BPBD Bolmut, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana bersama beberapa Staf BPBD dan Dinas Sosial.

Bantuan pun turut diterima langsung oleh Sekretaris BPBD Provinsi Sulut di Pos Sekretariat Kantor Gubernur Sulut.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),Rahmat Pontoh, SH, M.Si menyatakan bahwa pemerintah Bolmut turut serta dalam memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban erupsi di Kabupaten Sitaro.

“Alhamdulillah,Pemda Bolmut dapat berpartisipasi dalam memberikan bantuan ini. Bantuan ini pun langsung dikumpulkan di posko pemerintah provinsi, kantor Gubernur, dan dari posko pengumpulan akan langsung dibawa ke Kabupaten Sitaro,” jelas Rahmat.

Bantuan yang disalurkan oleh Pemda Bolmut untuk korban erupsi Gunung Ruang sambungnya, mencakup berbagai kebutuhan dasar seperti beras, mie instan, air mineral, dan pakaian layak pakai.

“Bantuan yang disalurkan berupa Beras 22 Koli (1.1 Ton ),⁠Mie Instan 110 Karton, Air Mineral 125 Karton, dan Pakaian Layak Pakai sumbangan dari PKK dan DWP Bolmut sebanyak 8 Koli,”ungkap Rahmat.

Rahmat juga mengungkapkan harapannya bahwa bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar dan meringankan penderitaan saudara-saudara di Kabupaten Sitaro.

“Tindakan ini menunjukkan solidaritas dan kepedulian antar-pemerintahan daerah dalam membantu masyarakat yang terdampak bencana alam, sekaligus menggambarkan sinergi yang baik antara berbagai tingkatan pemerintahan dalam penanggulangan bencana,”pungkas Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sekretariat Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut),Rahmat Pontoh, SH, M.Si kepada TimeNUSANTARA.COM Jummat 26 April 2024.

Untuk diketahui, saat ini ada 6 titik pengungsian erupsi gunung ruang Sitaro, yang tersebar di gereja, di sekolah dan gedung-gedung pemerintahan dan sebagainya, serta yang lain di rumah-rumah penduduk. Total korban terdampak 650 pengungsi, 495 dari Pulau Ruang.

 

Penulis : Fadlan Ibunu

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!