Pj Bupati Sirajudin Lasena Sampaikan 4 Ranperda Pertangungjawaban APBD 2023 Dihadapan DPRD Bolmut

Kamis, 20 Juni 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

BOLMUT, TimeNUSANTARAPenjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Dr. Sirajudin Lasena, SE.,M.Ec,Dev menyampaikan langsung 4 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) dalam rangka pertanggungjawaban APBD tahun anggaran 2023, dihadapan pimpinan dan anggota DPRD Bolmut diruangan sidang Paripurna DPRD kamis 20 Juni 2024.

Penyampaian ranperda tersebut meliputi tentang penyelenggaraan percepatan stunting, Ranperda tentang perizinan berusaha di daerah dan ranperda tentang RPJPD tahun 2025-2045.

Rancangan peraturan daerah tentang pertanggung jawaban pelaksanaan APBD tahun 2023 menurut pj Bupati merupakan implementasi dalam penerapan format struktur anggaran pendapatan belanja daerah sebagaimana diatur dalam peraturan pemerintah nomor 71 tahun 2010 tentang standar akuntansi pemerintahan yang meliputi :

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

•‌ Pendapatan, yang terdiri dari pendapatan asli daerah yang realisasinya sebesar 117,84% , pendapatan transfer dengan realisasi sebesar 98,43% dan lain lain pendapatan daerah yang sah dengan realisasi sebesar 123,75%.

• ‌Belanja, yang terdiri dari belanja operasi realisasi sebesar 92,95%, belanja modal realisasi sebesar 93,03%, belanja tidak terduga realisasinya sebesar 17,21%, dan belanja transfer dengan realisasi sebesar 99,61%.

• ‌Pembiayaan, pembiayaan daerah meliputi penerimaan pembiayaan yang digunakan untuk menutupi defisit anggaran dengan realisasi 97,64%

• ‌Neraca daerah, yang terdiri dari Aset lancar, investasi jangka panjang, aset tetap dan aset lainnya.

Penjabat Bupati juga menyampaikan beberapa poin yang menjadi temuan BPK antara lain :

• ‌Pengelolaan pendapatan daerah baik pajak dan retribusi daerah perlu dilakukan upaya intensifikasi dan ektensifikasi berdasarkan dengan ketentuan perundang-undangan.

• ‌Pengelolaan belanja pada pemkab bolmut agar dapat dilakukan lebih cermat terhadap gaji pegawai dan tunjangan, belanja barang dan jasa dan belanja modal.

• ‌Penatausahaan aset, baik aset lancar maupun aset tetap harus dilakukan dengan tertib dan prudent, untuk menjamin kewajaran penyajian nilai aset dalam neraca pemerintahan daerah.

Pj. Bupati juga menambahkan bahwa pemerintah daerah telah melakukan dan menyelesaikan beberapa rekomendasi BPK sebagai upaya tindak lanjut dari hasil pemeriksaan baik pada tahun berkenaan maupun pada tahun-tahun anggaran sebelumnya.

Berkaitan dengan penanggulangan stunting, peraturan daerah ini kemudian akan menjadi pedoman bagi seluruh pihak terkait yang diberikan tugas dan wewenang serta menjadi dasar bagi masyarakat untuk dipenuhi haknya terkait kesehatan. Peraturan daerah yang di bentuk ini berisi keharusan dan tata cara bagi pemerintah daerah dalam melakukan integrasi program penurunan stunting kedalam dokumen perencanaan dan penganggaran yang ada di daerah.

Terkait dengan izin berusaha lanjut pj Bupati, sebagai daerah otonom, pemerintah daerah memiliki tujuan untuk mensejahterakan masyarakat dimana hal tersebut dapat dicapai dengan meningkatkan pendapatan daerah sebagai dasar untuk melakukan pelayanan kepada masyarakat ataupun dengan membuka lapangan kerja sehingga masyarakat memperoleh pekerjaan yang layak. Oleh karenanya menjadi pekerjaan pemerintah daerah untuk mengundang investor masuk dan melakukan investasi di daerah.

Selanjutnya terkait Ranperda tentang RPJPD tahun 2025-2045 dimana dalam kerangka mewujudkan cita cita indonesia emas, daerah sesuai kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional. Hal ini dimulai dari penyusunan dokumen rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) yang merupakan suatu dokumen untuk periode 20 tahun.

“RPJPD nantinya akan digunakan sebagai pedoman dalam penyusunan rencana pembangunan jangka menengah daerah untuk setiap jangka waktu 5 (lima) tahun. Arah kebijakan dan sasaran pokok RPJPD diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para calon bupati dan wakil bupati untuk menyusun visi dan misi dalam kontestasi pelaksanaan pemilihan saat ini dan seterusnya,”tambah orang nomor satu di Bolmut itu.

 

Fadlan Ibunu

Berita Terkait

KPU Imbau Tim Pasalon di Pilkada Bolmut 2024 Dapat Mengikuti Aturan Selama Masa Kampanye
Warga Gogagoman Sambut Gembira Kedatangan dr Weny Gaib
Bersama Masyarakat dan Keluarga, Frangky Chendra Kembal Dilantik Sebagai Wakil Rakyat
Plh Bupati Bolmut Hadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah
PLH Bupati Darwin Muksin, Dorong Generasi Muda Untuk Ikut Promosikan Parawisata di Bolmut
Bersama PPK dan PPS, KPU Bolmut Matangkan Persiapan Pembentukan KPPS
Pemda Bolmut Gelar Sosialisasi Penyuluhan Dan Kearsipan Tingkat Kabupaten
Gelar Workshop Peliputan Pilkada, Dewan Pers Ingatkan Jurnalis di Sulut Taati KEJ

Berita Terkait

Kamis, 19 September 2024 - 16:55 WITA

KPU Imbau Tim Pasalon di Pilkada Bolmut 2024 Dapat Mengikuti Aturan Selama Masa Kampanye

Rabu, 18 September 2024 - 17:49 WITA

Warga Gogagoman Sambut Gembira Kedatangan dr Weny Gaib

Selasa, 17 September 2024 - 15:58 WITA

Bersama Masyarakat dan Keluarga, Frangky Chendra Kembal Dilantik Sebagai Wakil Rakyat

Senin, 16 September 2024 - 20:51 WITA

Plh Bupati Bolmut Hadiri Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah

Minggu, 15 September 2024 - 10:17 WITA

PLH Bupati Darwin Muksin, Dorong Generasi Muda Untuk Ikut Promosikan Parawisata di Bolmut

Berita Terbaru

DAERAH

Warga Gogagoman Sambut Gembira Kedatangan dr Weny Gaib

Rabu, 18 Sep 2024 - 17:49 WITA