NASIONALPOLITIK
Trending

Tak Lagi Gunakan Dasi Merah, Ini Jawaban Menohok Jokowi Makna di Balik Pakai Dasi Kuning di Acara Kenegaraan Bikin Pangling

TIMENUSANTARA, POLITIK – Presiden Joko Widodo (Jokowi) terbang ke Jepang hari ini, Sabtu (16/12/2023) untuk menghadiri sejumlah agenda, termasuk KTT ASEAN-Jepang. Ia pun sempat gelar konferensi pers di Lanud Halim Perdanakusuma.
Dalam kesempatan itu, ia menjawab beberapa pertanyaan, dari hal-hal yang bakal dibahas dalam KTT hingga merespons terkait menggunakan dasi kuning.

Berdasarkan video yang diunggah Sekretariat Presiden, Jokowi kala itu memadukan dasi kuning dengan kemeja putih dan setelah biru tua.

Hal tersebut jarang terlihat sebab Jokowi lebih sering mengenakan dasi merah, biru, atau warna-warna gelap lainnya. Sehingga, momen itu ditanyakan langsung kepada Presiden

“Pak, memakai dasi kuning maknanya apa? Tumben, Pak, pakai dasi kuning,” tanya wartawan.

Mendengar pertanyaan itu, Presiden Jokowi yang sudah akan mengakhiri sesi keterangan pers mendadak memegang dasinya, tersenyum dan menjawab pertanyaan itu.

“Masa enggak tahu (artinya)?” ujar Jokowi yang langsung meninggalkan tempat konferensi pers setelahnya.

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung yang mendampingi Presiden Jokowi tertawa menyaksikan momen tersebut.

Tak lama setelah itu, Mensesneg Pratikno merespons pertanyaan tersebut. Ia mengaku mendapat cerita dari Presiden Joko Widodo yang kesulitan mencari dasi, hingga mengenakan dasi berwarna kuning itu.

“Tadi beliau cerita, kesulitan mencari dasi Merah yang ada warna Kuning saja dipakai,” kata Pratikno singkat usai mengantar Presiden menuju pesawat.

Selama berada di Tokyo, Jepang, Jokowi memiliki tiga acara utama, yakni bertemu Perdana Menteri Fumio Kishida, memimpin KTT ASEAN dan Jepang, serta menghadiri KTT AZEC. Jokowi dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 19 Desember.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!