BOLMUTDAERAH
Trending

Sejumblah Bumdes di Bolmut Bermasalah

Timenusantara, Bolmut – Sejumlah Badan usaha milik desa (BUMDes) yang berada di kabupaten Bolaang mongondow Utara (Bolmut) tak memiliki Laporan pertanggung jawaban (LPJ) yang jelas alias bermasalah

Hal ini diungkapkan langsung kepala bidang (Kabid) pemberdayaan dan kelembagaan Arham Pontoh kepada awak media, iya mengatakan rata-rata pengelolaan Bumdes yang berada di wilayah Bolmut belum memiliki laporan pertanggungjawaban yang jelas.

“DPMD telah mengevaluasi dari tahun 2015 – 2022 sejumlah BUMDes yang ada di Bolmut belum memiliki LPJ”kata Pontoh saat di temui diruang kerjanya. Senin (25/09/2023).

Lanjutnya, iya mengungkapkan pada dasarnya BUMDes diseluruh kabupaten Bolmut mampu berperan penting sebagai tulang punggung Desa, jika dikelola dengan baik, bisa mendapatkan hasil yang baik serta bisa menggenjot Pendapatan Asli Desa (PAD). Namun demikian terkait banyaknya BUMDes yang belum melaporkan atau menyelesaikan LPJ hingga sampai kini.

“Sudah diberikan waktu satu bulan untuk penyelesaian kelengkapan LPJ, Namun hingga akhir bulan September 2023 BUMDes tak menyampaikan LPJ. tak lepas dari itu saya akan terus tetap melakukan pembinaan terhadap BUMDes yang bermasalah”ungkapnya.

Iya juga mengatakan, terkait sejumlah BUMDes yang belum melaporkan LPJ nantinya akan dilimpahkan ke pihak berwenang dalam hal ini ke inspektorat sebagai laporan.

“Persoalan ini akan di tangani secara serius oleh dinas pmd sebagai dasar untuk penyegaran kembali BUMDes kedepannya”singaktnya.

 

Penulis : Fadlan Ibunu

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!