BOLMUTDAERAHSULUT
Trending

Pemda Bolmut Dorong Digitalisasi Pelayanan Publik

Timenusantara, Bolmut – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmut melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian Bolmut, melaksanakan launcing tanda tangan elektronik menggunakan aplikasi Simudah dan SPBE, Senin (28/11/2022).

Peluncuran sekaligus sosialisasi aplikasi tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Bolmut Depri Pontoh, yang diwakili oleh Assisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bolmut Abdul Nazarudin Maloho, bertempat di aula Bapelitbang Bolmut.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Nazarudin, menyebutkan transformasi digital di lingkungan Pemerintah Daerah merupakan sebuah keharusan.

Hal itu sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang SPBE.

“Transformasi digital dalam intansi pemerintah daerah merupakan sebua keharusan. Sebagaimana amanat yang tertuang dalam Peraturan Presiden nomor 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasisi Elektrontik, dimana transformasi digital bertujuaan untuk mewujudkan tata kelola pemerintah yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya,” sebut Nazarudin.

Sejalan dengan hal itu jelas Nazarudin, pemerintah yang secara teknis dilaksanakan oleh dinas Kominfo dan Persandian telah melakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan penerapan sertifikat elektronik di Kabupaten Bolmut.

“Dinas Kominfo telah melakukan pendatanganan perjanjian kerja sama dengan badan siber dan sandi negara dengan komitmen menyediakan kebutuhan sertifikat elektronik di kabupaten Bolaang Mongondow Utara, melalui teknis balai sertifikat elektronik, untuk mendukung keamanan sistem elektronik dalam program transformasi digital,” jelas Nazarudin.

Dilanjutkannya, aplikasi Simudah tersebut dapat memangkas birokrasi di daerah, sehingga pelayanan kepada publik bisa lebih cepat termasuk dalam mengakomodir aspirasi masyarakat tanpa terikat oleh waktu dan tempat.

“Aplikasi Simudah ini dapat mempermudah dalam proses birokrasi di daerah, yang pada prakteknya di era digitalisasi saat ini dapat mempermudah pelayanan kepada publik atau mayarakat dan lebih cepat dapat mengakomodir aspirasi masyarakat dimanapun dan kapanpun kita sebagai pelayanan masyarakat dapat dengan cepat melayani,” lanjut mantan Kepala Bapelitbang Bolmut itu.

Ditambahkannya, smart citty yang tercover pada SPBE itu mrncakup aplikasi Sibakti, sistem informasi kebakaran versi website dan android atau yang dikenal dengan Godamkar, website PPID, E-FINelektronik fingert husus pegawai harian lepas, website Nolivuto Stunting, website kecamatan serta aplikasi Elektronik Statistika.

 

ALAN

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!