BOLMUTDAERAH
Trending

Kembangkan Keterampilan Wirausaha Pemuda, Dispora Bolmut Gelar Pelatihan

Timenusantara, Bolmut – Puluhan wirausaha muda yang berasal dari 6 kecamatan di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) diberikan pelatihan Kewirausahaan pemuda oleh Dinas Pemuda Dan Olahraga Kabupaten Bolmut diwarkop basudara kamis (12/10/2023)

Puluhan peserta saat mengikuti materi kewirausahaan oleh pemateri pada kamis (12/10/2023) diwarkop basudara
Puluhan peserta saat mengikuti materi kewirausahaan oleh pemateri pada kamis (12/10/2023) diwarkop basudara

Pelatihan ini diberikan guna mencetak para wirausaha muda berkompeten dan berkualitas di bidang usahanya masing-masing.

Kepala Bidang Kepemudaan Dispora Bolmut Fekiyandi Lasena S.Pd kepada media ini mengatakan, secara umum peran generasi muda memiliki dua peran yaitu peran pemuda sebagai agent of change dan agent of modernizations.

Peran pemuda sebagai agent of change atau agen perubahan mencerminkan bahwa pemuda menjadi pusat dari kemajuan bangsa, dengan perubahan yang digerakkan oleh pemuda contohnya generasi muda Bolmut siap membuka lapangan usaha.

Sedangkan peran pemuda sebagai agent of modernization atau agen pembaharuan, para pemuda wajib memiliki kemampuan dalam menganalisa perubahan zaman, sehingga mereka dapat memilih mana yang memang perlu untuk dirubah dan juga mana yang seharusnya dipertahankan.

“Dua peran tersebut semestinya melekat dalam diri generasi muda di Bolmut. Sehingga generasi muda hadir sebagai generasi yang membawa perubahan terutama di dunia usaha,” kata Lasena.

Untuk itu, melalui pelatihan ini dirinya mengharapkan para peserta mampu mengembangkan materi yang diperoleh dalam pelatihan dan dapat merealisasikan ilmu dan keterampilan yang didapat selama pelatihan sehingga lahirlah wirausaha pemuda sebagai generasi perubahan untuk membangun wirausaha yang tangguh, berdaya saing dan mandiri.

Iya juga mengungkapkan, pelatihan kewirausahaan pemuda ini merupakan program Dispora yang setiap tahunya dilaksanakan, dimana ada ratusan pemuda diikutkan dari tahun ke tahun secara bertahap, baik mereka yang sudah menjalankan usahanya ataupun yang baru akan merintis usaha.

Pelatihan yang diberikan sendiri berisi dasar untuk berwirausaha, meliputi materi kebijakan pengembangan kewirausahaan, program pembangunan pemuda, program kemitraan, membangun inovasi usaha serta mencari peluang bisnis dan kemampuan berbicara atau public speaking yang harus dikuasai para wirausaha muda.

“Sesuai dengan program kegiatan ini kami terus berusaha meningkatkan wirausaha agar mereka mandiri melalui pelatihan,” tambah lasena.

Untuk diketahui, pada pelatihan manejemen kewirausahaan pemuda dan pembentukan forum kewirausahaan pemuda tingakat kabupaten Bolmut ini, mengandeng langsung pemateri-pemateri handal dibidangnya dan dihadiri puluhan peserta pemuda yang berada dienam kecamatan kabupaten Bolmut.

 

Fadlan Ibunu

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!