GORONTALONASIONALSULUT
Trending

Kembali Dirut PLN Darmawan Prasodjo Rai Gelar CEO of The Year dan PLN Sabet Penghargaan Best ESG di CNBC Indonesia Awards 2023

TIMENUSANTARA NASIONAL – Direktur Utama PT PLN (Persero), Darmawan Prasodjo, kembali meraih penghargaan sebagai CEO of The Year dalam ajang CNBC Indonesia Awards 2023. Ini merupakan kali kedua berturut-turut bagi Darmawan untuk memperoleh prestasi tersebut. Penghargaan diberikan sebagai pengakuan atas kepemimpinan visioner dan transformasi yang konsisten di PLN.

Selain itu, PLN juga meraih penghargaan Best ESG (Environmental, Social, and Governance) Campaign in Energy Sector. Penghargaan ini mencerminkan komitmen PLN dalam mengambil inisiatif transisi energi dan menjalankan proses bisnis yang memperhatikan aspek lingkungan, sosial, dan tata kelola yang baik.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin dan Chairman CT Corp. Chairul Tanjung kepada Darmawan Prasodjo dalam acara yang dihadiri oleh Menteri BUMN Erick Thohir serta Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi di Jakarta pada Rabu (13/12/2023).

Menteri BUMN Erick Thohir, yang juga meraih penghargaan Best Leader for State Owned Enterprise Transformation, memberikan apresiasi terhadap para pemimpin BUMN yang memiliki talenta hebat. Transformasi yang dilakukan di sektor BUMN diharapkan dapat memberikan dampak positif langsung kepada masyarakat.

Darmawan menjelaskan bahwa dalam tiga tahun terakhir, PLN telah mengalami transformasi melalui digitalisasi proses bisnis secara menyeluruh. Proses bisnis yang semula statis dan mundur, kini menjadi dinamis dan proaktif. Digitalisasi dilakukan mulai dari pembangkit, transmisi, distribusi, hingga pelayanan pelanggan, meningkatkan efisiensi dan kekokohan perusahaan.

Pencapaian lain yang disorot oleh Darmawan adalah kinerja keuangan PLN yang mencapai rekor terbaik sepanjang sejarah, bahkan di tengah pandemi COVID-19. PLN berhasil meraih kinerja keuangan sebesar Rp 13,2 triliun pada tahun 2021 dan Rp 14,4 triliun pada tahun 2022.

Selain itu, Darmawan memimpin restrukturisasi organisasi melalui holding subholding, menjadikan PLN lebih tangguh dan siap untuk ekspansi global. PLN juga berhasil menyusun Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) yang terhijau, mendukung visi Net Zero Emissions (NZE) pada tahun 2060 dalam menghadapi pemanasan global.

Transformasi dan inovasi yang dilakukan oleh PLN di bawah kepemimpinan Darmawan Prasodjo tidak hanya membawa perubahan positif di perusahaan itu sendiri, tetapi juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi sektor energi dan lingkungan di Indonesia.

 

(Fadlan Ibunu)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!