BOLMUTDAERAH
Trending

Gerakan Pagan Murah di Bolmut Dorong Ekonomi Petani Lokal

gerakan pangan murah yang diselengarahkan oleh pemda bolmut di Desa mokoditek kecamatan bolangitang barat senin (30/10/2023)
gerakan pangan murah yang diselengarahkan oleh pemda bolmut di Desa mokoditek kecamatan bolangitang timur senin (30/10/2023)

TIMENUSANTARA, Bolmut – Gerakan Pangan Murah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Bolmut merupakan inisiatif yang sangat positif.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan dipusatkan di Desa Mokoditek Kecamatan Bolangitang Timur Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), pada senin (30/10/2023).

Dibuka sejak pagi, berbagai macam produk langsung diserbu oleh masyarakat, terutama ibu-ibu.

Sebab, harganya jauh lebih murah dari pada membeli di pasar manapun.

Baca Juga: Langkah Kongkrit Pengendalian Inflasi, TPID Bolmut Gelar Pasar Murah di Desa Tomoagu

 

Bupati Bolmut melalui asisten bidang pemerintahan dan kesra Rachmat R Pontoh SH, MSi menjelaskan bahwa gerakan ini merupakan bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan di Daerah Bolmut, mengingat fluktuasi harga pangan yang sering terjadi.

“Gerakan Pangan Murah ini adalah suatu gerakan yang kontinyu. Pemerintah wajib menstabilisasi harga hingga sentral produksi yang diawasi dan didukung,” katanya,

Selain itu, iya juga menyoroti beberapa tantangan dalam hal ketersediaan dan harga pangan.

Ia menekankan bahwa perkembangan harga pangan, terutama beras, telah menyebabkan beban ekonomi bagi sebagian masyarakat.

“Sebagai solusi, gerakan ini membantu dalam memberikan akses kepada masyarakat untuk mendapatkan pangan dengan harga yang lebih terjangkau,”ungkapnya.

Sementara itu ditempat yang sama ketua Tim Pengerak PKK Kabupaten Bolmut Ny Ening Sutrisni Sirajudin Lasena S.St mendambahkan bahwa Daerah Bolmut sebagian dari masyarakat adalah petani maka penghasil pangan utamanya beras dan lainya wajib dikelolah dengan baik begitupula masyarakat wajib membelinya tanmapa harus mendatangkan hasil tani dari luar Daerah.

“saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar mengutamakan pembelian hasil pangan seperti beras, rica tomat dan bahan pokok lainya dipetani lokal saja, biar ada efek perputaran ekonomi didalamnya, terutama disituasi inflasi saat ini,”harapnya.

Untuk diketahui kegiatan Gerakan Pangan Murah (GPM) ini dirangkaikan dengan Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Bolmut dan dibuka langsung Penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara Sirajudin Lasena, SE., M.Ec.Dev Di Wakili Oleh Asisten Bidang Pemerintahan Dan Kesra Rachmat R. Pontoh S.H M.Si,

Turut Hadir, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Dr. Hi. Abdul Nazarudin Maloho, S.Pd, M.Si, Pabung 1303 Bolmut Mayor Infanteri Burhan.S.Sos, Mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Bolmut, Kepala BPS Kabupaten Bolmut Jasni Makalunsenge M.Si, Para Staf Khusus Bupati Bolmut, Pimpinan OPD, Para Camat, Serta Tim Penilai Lomba Cipta Menu, dan Para Peserta Lomba Cipta Menu Sekabupaten Bolmut

 

[Editor/penulis : Fadlan Ibunu]

Lihat artikel lainya seputaran isyu terkini dengan mengklik tautan ini

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!