BOLMUTDAERAH
Trending

APBD 2024 Bolmut Mulai Dibahas, Segini Besaran Pendapatan yang Diproyeksikan

Timenusantara, Bolmut — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) bersama dengan anggota DPRD Bolmut mulai membahas rancangan APBD 2024. Diperkirakan pendapatan di tahun depan diproyeksikan sebesar RP.487.323.270.148,00 (Empat ratus delapan puluh tujuh miliar tiga ratus dua puluh tiga juta dua ratus tujuh pulu ribuh seratus empat puluh delapan rupiah) ini terlihat dari plafon yang tertuang dalam Rancangan APBD 2024. Nominal pendapatan tersebut berasal dari Transfer Pemerintah Pusat, Pendapatan Asli Daerah dan Lain-lain pendapatan daerah yang sah.

Selain pendapatan, juga rancangan proyeksi keperluan belanja Daerah. dengan pengeluaran pemkab di 2024 sebesar RP. 492.823.270.148,00 (Empat ratus sembilan puluh dua miliar delapan ratus dua puluh tiga juta dua ratus tujuh puluh ribu seratus empat puluh delapan rupiah)

Jumlah ini terdiri dari Belanja Operasional, Belanja Tidak Terduga, Belanja Modal dan Belanja Transfer.

Sementara itu pada rencana anggaran pembiyayaan khusus Daerah tahun 2024 sebesar RP.5.500.000.000,00 (Lima miliar lima ratus juta rupiah)

Bupati Sirajudin Lasena mengatakan, penyusunan RABD 2024 ini akan tetap berpedoman pada KUA PPAS yang telah disepakati bersama-sama dengan DPRD.

Adapun, pendapatan, khususnya dari Dana Transfer Pemerintah yang tertuang dalam rancangan masih bersifat proyeksi karena untuk kepastian menunggu terbitnya Rincian Alokasi Transfer Daerah yang dikeluarkan oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia

“Nanti kalau sudah keluar nominal pastinya, maka akan dilakukan penyesuaian,” kata Bupati, jummat (13/10/2023)

Bupati berharap RAPBD 2024 bisa segera diselesaikan pembahasannya. Karena menurutnya dengan ditetapkan secara tepat waktu, maka program dan kegiatan yang direncanakan dapat terlaksana sehingga manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Secara garis besar, programnya masih untuk pemulihan ekonomi daerah, kesejahteraan Masyarakat dan peningkatan kualitas pelayanan publik,”jelas Bupati

Sementara itu Ketua DPRD Bolmut, Frangky Chendra mengatakan, rancangan RAPBD 2024 sudah diserahkan dan dibahas bersama pada jummat (13/10/2023) diaula kantor DPRD Bolmut dengan melibatkan semua OPD seperti tahun-tahun kemarin.

Iya juga mengungkapkan selaras berkomitmen dengan Bupati Bolmut Sirajudin Lasena untuk menyelesaikan pembahasan sehingga program-program yang direncanakan dapat berjalan dengan baik.

“Masih proses, dan tahapan sudah sampai pada Pandangan Umum Fraksi-Fraksi. Setelah padangan ini disampaikan kami tinggal menunggu jadwal pembahasan selanjutnya,” pungkas ketua DPRD Bolmut.

 

Penulis : Fadlan Ibunu

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
error: Content is protected !!